×
  • Working Hours
  • Monday - Friday: 8 am - 5 pm
HOME   |    CAREER    |    SALES AREA    |    PETA SITUS

Press Release

HUT ke-4 WSBP: Learning Center Diresmikan

 Karawang, 9 Oktober 2018. Berada di era industri 4.0 ini, SDM adalah aset penting bagi perusahaan. Melihat begitu pentingnya hal tersebut, PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) ingin membentuk SDM yang memiliki kompetensi dan berdaya saing tinggi, sehingga mampu menunjang keberlangsungan kinerja perusahaan. Apalagi saat ini WSBP didominasi oleh Gen Y/Milenial sebesar 80%,di mana mereka merupakan generasi yang melek teknologi, cepat menerima informasi, memiliki koneksi yang luas, dan menyukai pengetahuan baru.

 

Sebagai komitmen terhadap hal tersebut, tahun ini WSBP membangun sebuah Learning CenterLearning Center ini bermula dari Komitmen WSBP untuk terus mengembangkan dan menghasilkan produk baru. Komitmen ini mendorong WSBP untuk membangun fasilitas produksi yang mampu mendukung inovasi produk tersebut, yaitu dengan membangun laboratorium pusat, yang bertempat di Plant Karawang. Melalui Lab ini, WSBP akan memproduksi berbagai macam inovasi, seperti admixture, RC pipe, RISHA (Rumah Instan Sehat Sederhana), dan produk lainnya.

 

Seiring berjalannya waktu, Lab ini juga dilengkapi dengan Learning Center untuk mendukung pengembangan kompetensi SDM, menyiapkan pegawai agar menjadi ahli di lapangan, sebagai sarana untuk knowledge management di mana di dalamnya terdapat knowledge sharingLearning Center ini nantinya akan dapat dimanfaatkan bagi PT Waskita Beton Precast, Waskita Group, dan masyarakat umum.

 

Laboratorium sekaligus Learning Center ini terdiri dari 3 lantai dengan luas total 1,1 ha dan luas bangunan 2.261 m2, antara lain sebagai berikut: Lantai 1 terdiri dari berbagai macam area uji, toilet, dan musholla. Lantai 2 terdiri dari ruang rapat dengan kapasitas 10-30 orang, ruang arsip, ruang kepala lab, ruang staff, musholla, dan toilet. Kemudian, di lantai 3 terdapat ruang meeting besar berkapasitas 100 orang, toilet, dan musholla. Selain itu, bagian lahan di belakang Gedung lab direncanakan akan dibangun dormitory, yang diperuntukkan bagi peserta pelatihan.

 

Keberadaan Learning Center ini untuk pelatihan teknisi/QC mengenai material, penggunaan alat, quality control, dll. Adapun instruktur di Learning Center ini berasal dari tim internal WSBP, ahli dari Waskita, dan dapat pula bekerjasama dengan akademisi, lembaga pelatihan, dan praktisi dari Learning Center BUMN lainnya.

 

Pemanfaatan Learning Center ditujukan bagi pihak internal dan eksternalHarapannya, dengan adanya Learning Center ini diharapkan menjadi semangat bahwa belajar dapat dilakukan di mana saja, kapan saja, serta dapat menggunakan media dan metode pembelajaran apapun. Karena Learning Center bukan hanya sekedar bangunan tapi bagaimana ada praktik sharing knowledge di dalamnya.


Learning Center bukan sekedar bangunan, tapi ada praktik sharing knowledge di dalamnya,” ungkap Jarot Subana, Direktur Utama PT Waskita Beton Precast Tbk.  Adanya Learning Center ini menjadi awal mula menuju WSBP Corporate University. Tentunya dengan pembelajaran yang lebih proaktif, bersifat jangka panjang, selaras dengan strategi bisnis perusahaan, dan lain sebagainya.

 

Sekilas PT Waskita Beton Precast Tbk

PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) terbentuk resmi sebagai entitas anak usaha PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) pada 7 Oktober 2014. WSBP adalah perusahaan produksi beton precast dan ready mix dengan kapasitas produksi saat ini terbesar di Indonesia. Perseroan mencatatkan saham perdananya di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 20 September 2016.

 

Berbagai apresiasi pun diraih oleh WSBP sejak awal tahun 2018. WSBP berhasil masuk dalam Indeks LQ45 atau 45 saham unggulan yang tergolong kategori likuid periode Agustus 2018-Januari 2019. Hanya berselang sebulan, pencapaian pun kembali diterima oleh perusahaan, di mana saham WSBP masuk dalam Indeks Kompas 100 sebagai suatu indeks saham dari 100 saham perusahaan publik yang diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia (BEI).

 

Pencapaian keduanya semakin ditambah oleh masuknya WSBP dalam Index Morgan Stanley Capital Internasional (MSCI) 2017. Selain itu, WSBP menerima predikat The IDX Top Ten Blue 2017. Kinerja WSBP juga didukung dengan 3 (tiga) sertifikasi sistem manajemen terintegrasi pada tahun 2017 yaitu ISO 9001: 2015 terkait Quality Management System, 14001:2015 mengenai Environment Management System, dan OHSAS 18001:2007 mengenai Occupational, Health and Safety Management System sebagai suatu standar internasional untuk Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja/K3.

 

Sebagai Informasi, berbagai pencapaian lainnya yang berhasil diterima oleh perusahaan, di antaranya meraih Alpha 10thAnnual Best Deal & Solution Award Southeast Asia 2016, dengan penyerapan dana IPO sebesar Rp 5,1 triliun, Corporate Image Award 2018, Sharia Finance Award 2018, Indonesia Best Public Companies Award 2018, dan Juara II Kategori GCG dalam 7th Anugerah BUMN 2018.

 

Tagged under: PT Waskita Beton Precast Tbk, WSBP, Infrastruktur Indonesia, WSBP No 1 Precaster, CCTW, LRT Palembang, PT Waskita Karya (Persero) Tbk, WSKT